Jumat, 16 Oktober 2009

komponen generasi ketiga

K O M P U T E R

Definisi

Dari segi bahasa, komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung. Menurut istilah, ada beberapa buku yang mencoba memberikan definisi komputer, diantaranya:
1. Menurut Robert H. Blissmer (dalam buku Computer Annual) computer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
- menerima input
- memproses input tadi sesuai dengan programnya
- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
- menyediakan output dalam bentuk informasi
2. Menurut Hamacher (dalam buku Computer Organization), computer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
3. Sedangan Fuori (dalam buku Introduction to The Computer) berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Dari beberapa definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah:
1. Alat elektronik
2. Dapat menerima input data
3. Dapat memproses/ mengolah data
4. Dapat menampilkan output berupa informasi
5. Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer
6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
7. Bekerja secara otomatis.

Sistem Komputer

Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
1. Hardware atau Perangkat Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa dijamah. Terdiri dari CPU, Input device, Output device.
2. Software atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/ perintah untuk melakukan pengolahan data.
3. Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan system komputer.

Dalam atrikel ini akan dijelaskan secara mendalam tentang perkembangan sejarah perangkat keras computer khususnya pada computer generasi ketiga ( 3G ).

Computer generasi 3

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkan dalam chip.
Kemajuan komputer generasi ketiga adalah :
Komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkan dalam chip.
Menggunakan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.


Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

1. Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuit) berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithic (MST). SLT adalah transistor dan dioda diletakkan terpisah dalam satu tempat sedangkan MST elemen transistor, dioda dan resistor diletakkan bersama dalam suatu chip. MST lebih kecil tapi mempunyai kemampuan lebih besar dibanding SLT. IC dibuat pertama kali oleh Texas Instruments dan Fairchild Semiconducor pada tahun 1959.

2. Peningkatan dari sisi software.

3. Lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.

4. Kapasitas memori lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).

5. Menggunakan media penyimpan luar disk magnetik yang sifatnya random access dengan kapasitas besar (jutaan karakter).

6. Penggunaan listrik yang lebih hemat.

7. Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.

8. Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.

9. Harga yang semakin murah.

10. Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain

Komputer-komputer generasi ketiga diantaranya adalah :
1. IBM S/360
2. UNIVAC 1108, UNIVAC 9000
3. Burroughs 5700, 6700, 7700
4. NCR Century
5. GE 600, 235
6. CDC 3000, 6000 dan 7000
7. PDP-8 dan PDP-11 (pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation)

Tidak ada komentar: