Senin, 19 Oktober 2009

INTEL RILIS CHIP PROCESSOR 80 CORE

Intel Rilis Chip Processor 80 Core


Intel telah merilis detail dari generasi baru dari chip yang didesain untuk pecinta video game, multitasking, dan orang yang mencari power tinggi untuk computer guna meningkatkan lifestyle computer. Pembuat chip terbesar, Intel telah menyediakan teknologi processor multicore yang dinamakan “Larabee”, yang menurut rencana akan ditampilkan minggu depan dalam konferensi industri di Los Angeles.
Intel dan rivalnya, AMD (Advanced Micro Devices) telah menjual chip dengan dua atau empat core, yang menjadi dasar pikiran processor. Intel akan merilis chip Larabee dengan 16 hingga 48 core pada tahun 2009 atau 2010, dan rencananya dengan multicore tersebut dapat menangani grafis game tingkat tinggi. Chip multicore dapat menghemat energi dan mengurangi panas ketika berjalan dengan kecepatan tinggi, dengan cara membagi task antar core. Selain itu, program dapat berjalan secara bersamaan dalam style porsi sebagai computer parallel.
Secara tradisional, single core menangani task dalam urutan, mulai dari task awal hingga akhir. Oleh karena itu, kini telah dipersiapkan oleh Intel, dengan multicore processor yang dapat membuat permainan game lebih cepat ditambah kualitas gambar yang bagus, sehingga dapat menangani task yang berbeda dalam satu waktu. Sebagai contoh, user mungkin ingin melihat video, mengirim email dan pesan text, sementara program antivirus tetap berjalan.
Multicore processor Intel telah didesain dengan software dan arsitektur terbaik, sehingga dapat membagi task antar core untuk memaksimalkan efisiensi performance computer. Menurut juru bicara Nik Knupffer, para pembuat software merasa tidak termotivasi untuk membuat software multicore ini, karena hardware-nya saja belum ada, sehingga hal ini membuat Intel mengalami jalan buntu.
Menurut Andrew Chien, Intel sendiri telah membuat sekitar 80 core processor.dan multicore tersebut akan menjadikan computer sebagai jembatan utama dunia fisik ke virtual. Intel juga berencana untuk membuat dan mengoptimalkan software untuk ratusan dan ribuan core yang diharapkan dapat memberikan power lebih banyak untuk computer di masa depan. (h_n)

Tidak ada komentar: